LP3M Universitas Banten Jaya melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat ke Desa Sukadiri

LAPORAN HASIL KEGIATAN KUNJUNGAN DAN JAJAK PENDAPAT PENDAMPINGAN DESA WISATA DI KAMPUNG SUKADIRI KOTA SERANG RABU 23 SEPTEMBER 2020

  • Kegiatan pendampinagan desa wisata di Kp. Sukadiri merupakan implementasi kegiatan yang diberikan oleh kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif. LP3M unbaja mencoba membangun sinergitas dengan program yang diberikan pemerintah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kampong wisata Sukadiri, di kampung ini masyarakat antusias dan menyambut niat baik kami, dari beberapa permasalahan yang kita amati salah satu yang yang mereka butuhkan yaitu dalam tata kelola lingkungan kampung wisata, tentu saja perguruan tinggi dapat bersinergi dengan masyarakat dalam hal ini membangun pemahaman dan kesadaran dalam menjaga lingkungan.
  • Konsep kampung wisata sukadiri yaitu wisata pedesaan yang berbasis kearifan lokal, karena berapa di lingkungan banten lama yang sarat akan nilai-nilai sejarah. Dari aparatur kampong sendiri meminta pendampingan dan pelatihan yang bersifat praktis, mudah dan menghasilkan produk yang bisa menambah penghasilan masyarakat, contohnya saja pembuatan souvenir yang khas kp wisata Sukadiri.  
  • Lingkungan yang religious dan alam pedesaan menjadikan potensi masyarakat untuk menyediakan edutaiment kepada wisatawan, hal ini sejalan dengan program pengabdain dari unbaja berkarakter dengan memberikan fasilitas keagamaan berupa mushaf Al-Quran, sehingga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat.
  • Kampung Sukadiri meminta pendampingan, mitra atau CSR untuk memfasilitasi hasil produk olahan mereka menjadi produk unggulan yang berdaya saing  dan memiliki nilai ekonomi, sehingga masyarakat dapat menyediakan produk unggulan di sentra oleh-oleh sebagai souvenir atau makanan khas.
  • LP3M unbaja mencoba mengidentifikasi semua permasalahan dan kebutuhan yang dialami oleh KP sukadiri melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat dan berkolaborasi dengan mitra terkait serta dosen-dosen yang handal dibidangnya. Semoga kegiatan yang dilakukan kedua belah pihak bukan hanya bersifat administratif namun bersifat aplikatif. Semoga kegiatan kedua belah pihak bermanfaat kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *